Kami ingin belajar banyak dari Indonesia

Diposting oleh purnamasari di 05.33

Jumat, 11 April 2008

Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negara Malaysia:

Kami ingin belajar banyak dari Indonesia
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. DR. dr. H. Azrul Azwar, MPH Rabu, 30 Januari 2008 menerima pengurus Persekutuan Pengakap Malaysia (Gerakan Pramuka Negara Malaysia-Red). Rombongan Pengakap Malaysia yang berjumlah 5 orang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negara Malaysia, YBhg. Kol. Prof. Dato’ Dr. Kamarudin Kachar.

Di depan Ketua Kwartir Nasional, Dato’ Kamarudin Kachar menyampaikan ingin sekali melakukan kerjasama yang sangat erat dengan Gerakan Pramuka yang begitu berkembang di bumi Indonesia. Kami sangat terima kasih atas sambutan yang sangat baik dari Kwartir Nasional atas kunjungan yang sering kami lakukan ini. Maksudnya tiada lain ingin belajar banyak bagaimana mengelola generasi muda Indonesia menggeluti pendidikan Gerakan Pramuka.

Kunjungan kali ini ujar Dato’ Kamarudin untuk menggali bagaimana Gerakan Pramuka melakukan pembinaan Satuan Karya (SAKA) Pramuka khususnya Saka Pramuka Dirgantara. Oleh karena itu, dalam kunjungan ini kami mengajak orang-orang yang berkepentingan dalam pengembangan dan pembinaan Pengakap Udara di Malaysia atau di Gerakan Pramuka melalui Saka Dirgantara.

Dato’ Kamarudin yang neneknya berasal dari Bukit Tinggi dan beristrikan orang Solo, Jawa Tengah ini menyampaikan bahwa Persekutuan Pengakap Malaysia sedang berjuang semaksimal mungkin membina kaum muda Malaysia. Misinya adalah untuk membantu negara dalam menelorkan generasi muda Malaysia yang cinta tanah air serta mengatasi masalah-masalah sosial yang saat ini sedang bergejolak di negara Malaysia.

Salah satu jalan ujar Dato’ Kamarudin adalah mengaktifkan Pengakap Udara untuk menarik minat generasi muda Malaysia menggeluti dunia kepanduan di Malaysia. Pelan-pelan Pengakap-Pengakap lain akan kami tumbuh-kembangkan seperti yang ada di Indonesia dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan yang diselenggarakan Pengakap.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. DR. dr. H. Azrul Azwar, MPH menjelaskan secara umum tentang pembinaan Satuan Karya Pramuka di Indonesia. Tujuannya adalah menyediakan wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis sesuai minat yang digeluti. Di Indonesia ada 7 (tujuh) Saka yang terus ditingkatkan pembinaannya, yaitu Saka Bahari, Saka Bhayangkara, Saka Tarunabumi, Saka Wanabakti, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara dan Saka Kencana.

Khusus untuk pembinaan Saka Dirgantara disampaikan oleh Kak Febriyana, Pimpinan Saka Pramuka Dirgantara Tingkat Nasional/Pb. Andalan Nasional Gerakan Pramuka.

Kunjungan hari ke-2, rombongan Persekutuan Pengakap Malaysia diajak melihat dari dekat pembinaan Saka Dirgantara di Hanggar Pesawat Laptera, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. Hadir dalam sesi ini adalah Kak Eris Heriyanto, Pb Andalan Nasional yang sekaligus memberikan penjelasan tentang berbagai kegiatan yang dilakukan Saka Dirgantara.

Hal yang menarik dari kegiatan pada hari kedua, mereka diberi kesempatan menikmati penerbangan untuk melihat Cibubur dari atas udara. Yang sangat membanggakan adalah pesawat yang hanya berpenumpang 2 orang tersebut dipiloti oleh Kak Eris sendiri.

0 komentar: