MASKOT JAMNAS 2006

Diposting oleh purnamasari di 04.32

Minggu, 09 Maret 2008

Mengapa Anak Harimau

Pemililihan karakter untuk maskot Jamnas 2006 adalah Anak Harimau Lodaya. Hal ini berlandaskan pada dasar pertimbangan bahwa Harimau Lodaya mampu mewakili citra dari daerah Jawa Barat, sebagai tempat penyelenggaraan Jamnas 2006.

Harimau Lodaya yang tangguh, ksatria, gagah berani, dan penuh semangat ini akhirnya kami tetapkan sebagai penokohan karakter bagi Maskot Jamnas 2006. Dimana Siliwangi dengan Harimaunya pun sudah sangat identik dengan Jawa Barat.

Perpaduan sifat dan perlambangan kegagahan dari sosok Sang Harimau ini kemudian kami gabungkan dengan sifat ceria dan dinamis anak Pramuka Penggalang.

Maskot Jamnas 2006 itu Bernama Anaking

Anaking, dalam arti sebenarnya diambil dari bahasa daerah Sunda yang berarti "anak tersayang". Ungkapan sayang untuk anak tercinta tunas muda harapan bangsa, anak pramuka usia penggalang. Namun secara umum anaking pun memiliki arti lain yang lebih luas. Sebagai kepanjangan dari "Anak Indonesia Gembira".

Cerita Kecil tentang Anaking

Anaking adalah nama seorang anak pramuka usia penggalang. Diberi nama Anaking oleh bunda tercinta karena Anaking terlahir di tanah pasundan. Pada Anaking bunda menyimpan harap, cita-cita luhur untuk bangsa dan negara karenanya Anaking dibekali dengan segala ajaran budipekerti, kepandaian dan keterampilan. Tata laku hidup sederhana dan bersahaja, serta semangat pantang menyerah dan keberanian. Bunda tahu pramuka adalah sarana untuk bekal Anaking menapaki masa depannya.

0 komentar: