KONSEP JARINGAN KOMPUTER

Diposting oleh purnamasari di 20.23

Selasa, 12 Februari 2008

pada postingan pertama dalam Sejarah Network dilanjutkan dengan postingan akhirnya HUB pertama di dunia flinstone! akhirnya inilah postingan terakhir mengenai network dalam dunia flinstone — akhirnya Pebbles membuat alamat pada setiap kartu, karena dia membuat ini untuk yang pertama kalinya di dunia, dia menyebut angka ini sebagai angka dasar pada alamat kartu. Ketika seseorang ingin mengirim file, mereka hanya tinggal menggunakan perintah FTP, akan tetapi dengan angka yang ada di dalam kartu. sebagai contoh, FTP ooo2 recipe.doc akan mengirim recipe.doc pada komputer yang memiliki alamat kartu 0002.

fig1-5.gif

sekarang, dengan sedikit perbaikan pada Fred Transfer Program, pengguna komputer dapat mengetik ftp 0002 recipe.doc untuk mengirim file recipe.doc pada komputer dengan alamat 0002. Pebbles mengetes perangkat lunak dan kerasnya sekali lagi di Laboratorium dan hanya komputer 2 yang menerima file ketika dikirimkan ke komputer 2 begitupun dengan nomor 3. sekarang Pebbles siap mengembangkan jaringan komputer pertama.

Pebbles sekarang harus membuat semua perangkat keras yang diperlukan. dia membuat 200 kartu jaringan atau network, di tiap tiap kartu terdapat alamat unik. dia menginstal perangkat lunak FTP di 200 komputer kemudian dia kembali ke Laboratorium dan memulai rencana berapa banyak kabel yang dibutuhkan dan berapa panjang kabel tiap kabel yang dibutuhkan. Kemudian Pebbles menyadari dia membutuhkan kabel yang sangat panjang. bahkan, jika menaruh HUB di lantai bawah gedung A, dan komputer ada di lantai lima gedung B akan membutuhkan kabel yang sangat panjang untuk terhubung ke HUB. Kabel adalah uang, semakin banyak kabel, semakin banyak pengeluaran. lagipula, dia belum mengetes jaringan dengan kabel yang panjang; dia baru mengetes kabel yang hanya memiliki panjang beberapa meter.

Bam Bam melihat Pebbles stres. Pebbles mengeluh “ayah mau proyek ini segera selesai, dan kamu tau betapa kerasnya dia dan saya berfikir seberapa panjang kira kira kabel yang dibutuhkan, dan nanti akan melebihi jumlah anggaran, dan saya juga akan menggulung kabel berminggu minggu”. Bam Bam, mencoba sedikit bergembira, dia baru saja datang sehabis makan siang di club, tau bahwa Pebbles sebenarnya sudah memiliki solusi hanya saja terlalu stres untuk melihatnya. tentu saja, solusinya tidak jauh berbeda dengan permasalahan Bam bam dengan kabel listriknya tahun lalu. “HUB itu mengulang apapun yand dia dapat, kenapa tidak memakai beberapa HUB. taruh satu HUB di tiap lantai, dan kabel tersambung ke setiap komputer, kemudian sambungkan kabel dari tiap HUB di masing masing lantai ke HUB di lantai pertama. kemudian, disambungkan dengan HUB utama diantara dua bangunan. karena mereka mengulang segalanya, setiap komputer pasti menerima sinyal ketika ada komputer yang mengirim, walaupun mereka tersambung degnan HUB yang sama atau empat HUB lain”

fig1-6.gif

Pebbles menyukai ide ini. Dia membangun dan menghubungkan HUB - HUB baru di Laboratorium hanya untuk membuktikan konsepnya, dan hal itu bekerja. dia baru saja membuat pemendek kabel, susun HUB dan kabel, dan semuanya siap di tes. Dia menggunakan beberapa komputer yang mewakili dan sudah di test, dan semuanya bekerja. Network pertama telah dikembangkan. mau mengejutkan ayahnya, Fred. Pebbles menulis sebuah memo untuk semua orang di perusahaan, bagaimana cara menggunakan FTP yang nantinya akan terkenal untuk mentransfer data. bersamaan dengan memo, dia menulis empat digit alamat jaringan yang akan digunakan untuk mengirim file. Dia menaruh memo itu di setiap laci meja orang orang sambil menunggu kegembiraan yang akan segera dimulai.

Menakjubkan, semuanya bekerja. pekerja gembira. Fred mengajak Pebbles dan Bam bam untuk makan malam di rumah, walaupun yang memasak Wilma tapi makanannya enak. Pebbles berpikir dalam hati dia telah berhasil menciptakan jaringan pertama dengan tanpa masalah. Sampai beberapa minggu kemudian, “saya tidak bisa mengirim file ke Fred lagi” keluh Barney Rubble. “sekalipun, ketika Fred dapat komputer baru, dia terlalu sibuk bermain bowling, dan sekarang saya tidak bisa mengirim pesan bagaimana kita membutuhkannya dalam team bowling!” hal ini membuat Pebbles terkejut - Fred baru saja mendapat komputer baru dan kartu network baru. Alamat network Fred telah berubah. atau apa yang terjadi jika kartu itu gagal dan harus diperbaharui? Alamat telah berubah. Dan lagi waktu itu, Wilma datang dan berkata “Saya suka sekali tentang jaringan yang kamu buat. Saya dan Betty bisa mengirim pesan, menaruhnya di dalam file, dan mengirimkannya kapan saja. seperti bekerja di lantai yang sama!” dia berkata “akan tetapi saya tidak dapat mengingat angka dengan baik. bisakah kau membuat FTP bekerja dengan nama didalamnya daripada sekedar susunan angka?”

dalam inspirasinya, Pebbles menemukan jawaban pada permasalahan ibunya. “saya akan merubah FTP menggunakan nama daripada alamat. saya akan memberitahu orang nama apa yang mereka inginkan dalam jaringan - mungkin Barney Rubble akan menggunakan BarneyR, dan Barney Fife akan menggunakan BarneyF, sebagai contoh. saya akan mengganti FTP untuk menerima nama selain angka. kemudian saya akan memberitahu FTP untuk mencari dalam tabel yang saya taruh pada tiap komputer yang menghubungkan nama dengan alamat. dengan begitu, saya tidak perlu mengganti kartu LAN (Local Area Network), yang harus saya lakukan hanyalah memperbaharui daftar nama dan alamat kemudian menaruh copynya pada setiap komputer, dan tak ada satupun orang yang tau ada sesuatu yang berubah.

tabel8-1.gif

Pebbles mencoba program FTP yang baru di Laboratorium, dan berhasil. Dia telah mengembangkan program FTP yang baru, menaruh tabel pada setiap komputer, dan mengirimkan memo lainnya - dan sekarang dia telah memudahkan perubahan dengan detail fisik, seperti alamat pada kartu jaringan, dari apa yang pekerja perlu ketahui dari seorang network engineers, Pebbles tahu dari rancangan dan mengetesnya di Laboratorium sebelum memakainya. dari hal yang dia tidak pernah antisipasi, dia menemukan solusi yang tepat dari permasalahan yang timbul. sebagaimana seperti imaginasi yang dibayangkan jaringan komputer pertama. hal bodoh yang ingin disampaikan cerita ini adalah? pertama, anda telah mengetahui beberapa rancangan dasar yang berkaitan dengan orang yang telah membuat alat jaringan yang nantinya dikenal dengan pengujian CCNA (Cisco Certified Network Associate). walaupun cerita dengan Pebbles sangat cair akan tetapi permasalahan yang dia hadapi sama dengan permasalahan dan terpecahkan oleh orang orang yang menciptakan protokol jaringan asli dan produknya.

keuntungan lain dari cerita ini, secara tidak langsung bagi anda yang baru dalam dunia jaringan, anda telah mengetahui konsep terpenting dalam dunia jaringan. Ethernet yang digunakan di tiap komputer.

kartu itu mempunya alamat yang unik, sama dengan kartu jaringan Pebbles. Kabel Ethernet terhubung dengan HUB Ethernet menggunakan kabel diantar HUB dan komputer - HUB mengulang sinyal yang didapat ke semua portnya.

pengkabelan biasanya terdapat pada konfigurasi bintang. Aplikasi seperti yang terdapat pada Fred Transfer Program atau yang dalam kenyataannya bernama File Transfer Protocol (FTP) menanyakan perangkat keras yang dipasang untuk mengirim file. pengguna bisa menggunakan nama - sebagai contoh anda bisa mensurfing situs saya dengan hanya mengetikan nama pandinurdiansyah.com akan tetapi setelah itu nama akan diterjemahkan ke dalam alamat yang benar.

0 komentar: